Thursday, October 25, 2018

Pesta Demokrasi Pemilihan Ketua OSIS Masa Bakti 2018/2019

SUTOJAYAN- Hari sabtu (29/9/2018) di UPT SMPN 1 Sutojayan mengadakan pemilihan ketua Osis. Panitia yang penyusun acara tersebut adalah para pengurus MPK (Majelis Perwakilan Kelas) dengan para calon sebagai berikut :
1. Arda 8F, 
2. Jovia 8D, 
3. Ula 8J, dan 
4. Rizky 8B. 
Adapun yang telah dipersiapkan para pengurus MPK untuk menunjang kegiatan ini antara lain surat suara yang digunakan untuk menuliskan suara, kotak pemilihan tempat menyimpan suara, dan bilik yang digunakan untuk pemilihan.


            Tujuan diadakannya pesta demokrasi pemilihan ketua OSIS ini adalah sebagai sarana pembelajaran untuk siswa agar mengerti proses demokrasi yang di terapkan di negara Republik indonesia,  Adapun dialukan pemilihan Secara langsung dimaksudkan supaya Ketua OSIS Terpilih sesuai dengan hati nurani dan harapan seluruh siswa, guru, dan karyawan maupun staff yang bekerja di SMPN 1 Sutojayan. Pemilihan diadakan bergilir mulai pukul 07.00 sampai dengan sekitar pukul 11.00 WIB.

            Menurut pengurus MPK semua kandidat ketua OSIS sudah siap dengan visi-misi mereka masing masing. 
”Mereka sih udah siap sama visi-misi mereka masing masing. Tinggal tergantung sama keputusan dan kepercayaan teman-teman ke mereka” 
Kata salah seorang anggota Komisi II MPK.

            Pada pukul 12.00 WIB di aula UPT SMPN 1 Sutojayan, para pengurus MPK mulai melaksanakan penghitungan suara secara terbuka.  Dengan didampingi ketua MPK dan Wakil Kepala Sekolah bagian Kesiswaan, penghitungan suarapun dimulai. Tugas Waka kesiswaan disini adalah sebagai saksi sekaligus pengawas agar tidak terjadi kecurangan.

            Hasil suara diputuskan pada pukul 14.00 WIB. Hasil suaranya adalah sebagai berikut : 

  • Calon Ketua OSIS urutan no. 1 dengan 192 suara sah, 
  • Calon Ketua Osis urutan no.2 dengan 47 suara sah, 
  • Calon Ketua Osis urutan no. 3 dengan 54 suara sah, 
  • Caloan Ketua Osis urutan no. 4 dengan 561 suara sah. 


Dengan jumlah suara sah ada 854, jumlah suara tidak sah ada 107. Total peserta Pesta Demokrasi Pemilihan Ketua Osis ada 961 orang.

            Para pengawas dan saksi serta calon ketua OSIS merasa puas dengan hasil pemilihannya. Calon ketua OSIS yang tidak terpilih menjadi ketua OSIS menerimanya dengan lapang dada dengan alasan
 “Mungkin teman-teman masih belum mempercayai saya sebagai ketua Osis SMPN 1 Sutojayan” 
Ujar salah seorang  calon ketua Osis bernomor urut 3.
                                                                                                        

By : Tim Mading Jurnalistik

1 comment: