Wednesday, January 9, 2019

Anak-Anak Adalah Usia terbaik untuk belajar bahasa kedua

Penelitian baru menunjukkan bahwa kemampuan kita untuk belajar bahasa berkurang secara bertahap selama hidup kita

Pada usia berapa kah paling mudah untuk belajar bahasa kedua?
Jika Anda ingin belajar bahasa asing, haruskah Anda memulai sebelum usia tertentu untuk kemudahan penguasaan bahasa itu sepenuhnya? Pendapat populer menyatakan bahwa anak-anak kecil merasa lebih mudah daripada orang dewasa dalambelajar bahasa asing  karena masa kanak-kanak adalah "masa kritis" untuk belajar bahasa.

Sulit untuk membuktikan ini, tetapi penelitian baru yang diterbitkan oleh Monika Schmid dan Rekan, menggunakan Scan otak dan metode statistik inovatif, memang menunjukkan bahwa kemampuan kita untuk belajar bahasa berkurang secara bertahap selama hidup kita.

pada usia anak anak kemampuan penyerapan bahasa di ibaratkan seperti "Rendamlah Spon Dalam Air" , sementara orang dewasa rupanya tidak demikian, itu merupakan bukti keberadaan periode kritis untuk pembelajaran bahasa. Tetapi yang paling penting bagi anak-anak akan lebih mudah dan dapat dengan cepat menguasai bahasa kedua yaitu melalui bahasa yang mereka dengar dan diucapkan di sekitar mereka dalamkehidupan sehari-hari.

Chris Dlugosz/flickr/Creative Commons
Ada banyak alasan untuk ini. Anak-anak dapat menghabiskan lebih banyak waktu dan upaya untuk belajar daripada orang dewasa yang memiliki banyak tuntutan hidup, motivasi bagi anak-anak untuk menyesuaikan diri jauh lebih tinggi, dan kebiasaan pengucapan serta tata bahasa dari bahasa pertama mereka yang telah mendarah daging dengan demikian akan lebih mudah beradaptasi dengan bahasa ke dua. Dan, tentu saja, semua pembelajaran semakin sulit seiring bertambahnya usia.

Tak satu pun dari faktor-faktor ini yang ada hubungannya dengan periode kritis khusus untuk belajar bahasa asing, tetapi semuanya memang membuktikan bahwa usia muda mengungguli usia  tua dalam hal belajar Bahasa Asing atau bahasa Kedua.

Sumber: https://www.independent.co.uk/news/education/the-best-age-to-learn-a-second-language-a6860886.html

0 comments:

Post a Comment