Monday, September 17, 2018

3 Manfaat Utama Stroberi Yang wajib kita ketahui

Stroberi memiliki bermacam-macam manfaat dan inilah 3 manfaat utama stroberi dalam kehidupan sehari-hari. Tanaman ini bukan hanya buahnya yang bermanfaat, tetapi daunnya pun dapat dimanfaatkan. Tanaman stroberi mempunyai manfaat sebagai bahan makanan dan minuman, bahan obat-obatan, serta kosmetik.

Strawberry Fruit - Credit: recipes.wikia.com


1. Stroberi Sebagai Bahan Makanan dan Minurnan

Manfaat utama dari stroberi yang pertam adalah Buah stroberi dapat dikonsumsi secara langsung. Rasanya manis, asam, dan segar. Kandungan nutrisi per 100 gram buah terdiri atas energi (37 kalori), protein (0,8 gram), lemak (0,5 gram), vitamin A (60 SI), vitamin B1 (0,03 mg), vitamin C (60 mg), dan air (89,9 gram). Kandungan nutrisi di atas sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia.



Stroberi dikonsumsi dalam keadaan segar memiliki rasa manis, berbau harum, dan tekstur daging buah yang lembut. Beberapa varietas stroberi segar antara lain varietas hokowaze, ostora, red gantlet, ternira, grella, robunda, ekria, dan bogato. Varietas ini disebut varietas unggul.

Stroberi pun dapat diolah untuk dijadikan produk makanan. Produk olahan stroberi yang diolah biasanya berasa agak masam. Produk stroberi dalam bentuk olah misalnya untuk sirup, dodol, jus, jeli, selai, manisan, dan krim. Beberapa varietas produk olahan steroberi ini adal varietas nanas, dan benggala yang sering disebut varietas lokal.

2. Buah Stroberi berkhasiat untuk kesehatan tubuh. 

Stroberi merupakan salah satu buah yang rendah kalori rendah kandungan lemaknya. Buah stroberi mengandung vitamin C, kaya serat, asam folat, kalium dan antioksid. Kandungan tersebut menjadikan buah stroberi seba, alternatif yang bagus untuk meningkatkan kesehai jantung, mengurangi risiko kanker, dan bermanfaat bagi kesehatan.

Stroberi mengandung antioksidan bernama ellagic yang dapat menghalangi tumbuhnya tumor dalam paruh-paru, oesofagus, payudara, kanker rahim, dan lidah. Penelitian yang dilakukan ilmuwan kesehatan di. Amerika Serikat menyebutkan stroberi dapat mengurangi risiko kanker dari asap rokok. Stroberi juga diyakini memilikik antibakteri yang bermanfaat bagi pembersih sistem pencernaan. Dengan mengonsumsi delapan buah sroberi ukuran sedang dapat mencukupi 160% kebutuhan vitamin C per hari. Jumlah ini lebih tinggi dibandingkan dengan mengonsumsi sebutir jeruk.

Hal ini juga menyebabkan risiko kanker usus lebih rendah 75% dari pada mereka yang tidak mengonsumsi stroberi. Asupan vitamin C tersebut juga dapat mereduksi risiko kanker hingga 3%.
Jus stroberi yang dihidangkan sebagai minuman juga bernilai tinggi dalam pengobatan tradisional untuk mengatasi sembelit, pereda demam, dan dapat juga untuk membersihkan gigi.

Daun stroberi pun dapat dipakai sebagai obat luka. Jika daun stroberi direbus airnya dapat digunakan untuk mencuci dan mengobati kudis dan luka-luka. Daun yang telah direbus kemudian ditempel pada bagian yang terluka. Air rebusannya pun berguna untuk menjaga kebersihan dan kesehatan mulut. Caranya dengan berkumur menggunakan air rebusan daun stroberi tersebut. Dengan berkumur air rebusan daun stroberi dapat menguatkan gusi, gigi, serta mengobati luka dalam mulut.

3. Stroberi Sebagai Bahan Kecantikan

Buah stroberi bukan hanya bermanfaat sebagai makanai dan minuman, serta bahan obat-obatan. Buah strober ternyata dapat digunakan sebagai bahan kecantikan Kandungan vitamin C dan antioksidan pada buah strober mampu menjaga kelembutan kulit dan menjadikan kulit halus dan membantu mengatasi gatal-gatal. Vitamin C dar antioksidan pada stroberi dapat menjaga kulit tetap sehai karena mampu menangkis serangan radikal bebas dar sengatan sinar matahari dan polusi.

Buah stroberi pun dapat bermanfaat untuk mengencangkar kulit wajah sehingga kelihatan awet muda karena mengandunE asam salisilat. Asam salisilat merupakan salah satu jenis asarr beta-hidroksi yang dapat membantu mengencangkan wajah dengan cara dibuat lulur dan masker wajah.
Minyak bahan dasar stroberi sangat disukai dalarr pemijatan atau massage yang dioleskan ke seluruh bagiar tubuh. Aroma minyak stroberi mampu menimbulkan efet menenangkan dan pijatan lembut membantu melancarkar peredaran darah ke seluruh tubuh sehingga badan menjadi segar dan sehat.

Nah para pembaca info smpn 1 sutojayan, itulah tadi 3 manfaat utama dari stroberi semoga informasi diatas bermanfaat untuk menambah pengetahuan kita dan sedikit memberikan wawasan tentang buah yang sehat ini. TIM JURNALISTIK

0 comments:

Post a Comment