Thursday, September 13, 2018

Tingkatkan Imtaq pembiasaan sejak dini berbuah Dunia Akhirat - KOPER Edisi 11


Pembiasaan adalah rangkaian kegiatan yang dilakukan secara berulang-ulang yang membuat kita terbiasa untuk melakukan hal-hal tersebut. Kebiasaan yang baik dapat mendorong kita untuk melakukan hal-hal yang positif. Sedangkan sebaliknya, juga dapat mendorong kita ke hal-hal negatif pula. Apa yang kalian pilih kawan??. Pasti kebiasan baik bukan..?!?! .kebiasaan baik dapat dimulai dari hal yang paling kecil. Misalnya, membiasakan diri sejak dini untuk rajin beribadah dan peduli terhadap sesama. Seperti yang sudah diterapkan di SMPN 01 sutojayan ini. Kegiatan tausiyah adalah program sekolah untuk memberikan rangkaian petuah guna mencegah hal-hal negatif.



 Seperti yang kita ketahui, dewasa ini banyak kenakalan remaja yang didorong dengan adanya kemajuan teknologi dan kurangnya kesadaran pada diri masing-masing. Disamping itu, untuk memupuk kepedulian terhadap sesama juga dilaksanakan kegiatan Jumat Beramal. Hal ini, bertujuan untuk membantu saudara-saudara kita yang kurang mampu, pembenahan fasilitas keagamaan, serta menyantuni panti jompo dan anak yatim. 

Yang tak kalah baiknya, setiap jam istirahat kedua, dilakukan sholat dhuhur secara berjama’ah, yang merupakan benteng bagi seseorang untuk menghindarkan diri dari perbuatan keji dan mungkar. Dalam sholat berjama’ah terdapat sejumlah nilai budi pekerti yang dipesankan. Disamping nilai ketaatan dan nilai kekhusyu’an dalam diri. Selain itu juga masih terdapat  beberapa nilai , yakni, nilai kebersamaan, nilai kepemimpinan, nilai keberanian, nilai menghargai pemimpin, nilai hormat-menghormati, nilai keseriusan, nilai percaya diri, dan nilai keilmuan lainnya. Kesemua nilai-nilai itu adalah nilai positif yang perlu dikembangkan dan dibiasakan dalam kehidupan sehari-hari


Komentar Dari Warga SMPN 1 Sutojayan.


MAJUKAN IMTAQ
Pendidikan pembiasaan di SMPN 01 Sutojayan memiliki kegiatan yang positif dan sangat baik, karena dapat memajukan IMTAQ yang sesuai dengan visi & misi sekolah. Kegiatan-kegiatan tersebut dapat mendorong siswa untuk berbuat sosial, dan peduli terhadap sesama.  Dan juga untuk menindak lanjuti program dari Dinas Pendidikan Kab. Blitar.  Sholat dhuhur berjama’ah yang juga dilakukan oleh seluruh warga sekolah dapat mempererat tali silaturakhim. ( Drs. H.Nanang Tyas Ruliyanto M.Pd – kepala sekolah)



PEMANTAUAN SECARA LANGSUNG
Untuk membiasakan diri sebagai umat muslim kita harus melaksanakan perintahnya, yang salah satunya ialah sholat 5 waktu.   Says selaku  pengajar agama islam di smpn 01 Sutojayan menghimbau dalam segala hal supaya anak didik terlatih dan berdisiplin. Dengan program ini diharuskan semua guru pengajar laki-laki yang khususnya beragama islam menjadi imam, bapak dan ibu guru yang lain membantu melaksanakan sholat dhuhur. Untuk mengatasi siswa yang tidak mengikuti sholat berjamaah yang pertama dengan memantau secara langsung dilapangan dan melihat buku praktek keagamaan. Dan untuk meningkatkan kekusyu’an dalam melaksanankan sholat berjamaah, smpn 01 Sutojayan memprogramkan akan menambah tempat wudhu dan pelebaran mushola. ( Imam Suhadi S.Pd – Guru Agama islam)



ACUAN BERPERILAKU POSITIF
Dengan kegiatan tausiyah, jumat beramal, dan sholat dhuhur berjama’ah ini saya sangat setuju, karena merupakan acuan berparilaku yang positif. Mungkin sedikit saran, akan lebih baik lagi jika waktu berjamaah lebih dari kali, sehingga seluruh warga sekolah, termasuk guru-guru pengajar bisa mengikuti sesuai dengan selang waktu mengajarnya . Dengan demikian siswa – siswi akan lebih termotivasi dan dapat memimalisir perilaku-perilaku yang menyimpang dari syareat islam,  harapan sekolahpun akan lebih terwujutkan. siswa-siswi.  ( Aviq Sidiq Cahyono 8F – Ketua OSIS)


BUKAN HANYA DUNIAWI
Pembiasaan tausiyah, jumat beramal, dan sholat dhuhur berjama’ah yang sudah berlangsung kurang lebih 2 semester ini merupakan kegiatan yang sangat positif, yang tidak hanya untuk kehidupan duniawi. Karena kegiatan tersebut sangat mendidik bagi seluruh siswa untuk meningkatkan keagamaan dan nilai IMTAQ. Dan terbiasa melakukan hal-hal terpuji yang sangat dianjurkan oleh agama. ( Hania Aida Fatya 7A)

0 comments:

Post a Comment