Wednesday, September 12, 2018

Materi Jurnalistik Tentang Fiksi - Workshop Jurnalistik Di SMAN 01 TALUN


          Fiksi adalah suatu karangan rekayasa manusia yang bermaksud untuk  memberitahukan kepada kyalayak umum tentang apa, siapa, bagaimana, dll suatu cerita yang belum pernah atau jarang terjadi. Misalnya, kisah horror, kisah misteri, kisah – kisah dongeng, dll. Mungkin cerita ini dalam kalangan  remaja sangat digandrungi karena ceritanya yang agak aneh dan lucu, ataupun menakutkan. Disisi lain banyak orang yang tidak suka karena ceritanya yang bertakjub khayalan.
Pembina TIM JURNALISTIK SMPN 1 SUTOJAYAN


          Namun karena  itu bayak orang yang beralih profesi ingin menjadi seorang penulis fiksi, selain tidak harus bersekolah yang terlalu tinggi kita bisa langsung menulis dan mendapat imbalan yang cukup memuaskan. Ada beberapa pakar mengatakan “Tak semua cerita itu memiliki hawa positif pasti ada beberapa yang berbau negative jadi bagaimana cara kita sendiri – sediri menyikapi hal tersebut”.

          Hai – hai kawan – kawan ini sebagai peringatan bagi kalian siapa saja yang penggila cerita fiksi mulai sekarang dan  detik ini juga harus petut berjaga – jaga, Kalau perlu kita membeli harus membawa bistol tapi jangan yang beneran loooo…..  nanti dikira maling donnngggg…….. nanti pembelinya pada kabur nad rugi pemiliknya hehehehehehe……….
          Sini yach…. Aku kasih tau bocoran tentang cara efektif tentang membuat fiksi simaknya…..
                   >< Pertama – tama kita harus mencari ide dari sebuah cerita , tapi       ingat, ide itukan jarang banget nih kita nemuai jadi kalau lagi gak muet jangan dipaksain.
          >< Yang kedua kita harus nentuin judul dari cerita tersebut, eeetttss jangan lupa judulnya harus menarik.
          >< Ketiga ini yang paling susah ditebak yaitu nentuin alur / plot ialah urutan jalannya cerita.
          >< Yang keempat yaitu penentuan tokoh, mana tokoh yang harus bersifat antagonis dan mana tokoh yang bersifat protagonis.
          >< Yang terakhir yaitu nentuin latar / setting dalam cerita. Yang bisa menjelaskan secara rinci dari isi cerita tersebut.
          Itulah sekilas info yang dapat memberi sedikit pengetahuan tentang tata cara membuat fiksi dengan benar.
                  

                   SELAMAT MENCOBA  

0 comments:

Post a Comment