Sunday, September 16, 2018

Cara Jitu Menghadapi Ujian Nasional


PENGERTIAN
Ujian nasional hanyalah jurang sempit atau batu kerikil yang harus diloncati untuk meraih kesuksesan. Cara jitu menghadapi UN ini hanyalah beberapa tips yang bisa digunakan untuk menghadapi UN agar mendapatkan hasil  yang maksimal.

FAKTA
Memperbanyak doa untuk mempersiapkan ujian karena manusia hanya bisa berusaha tetapi tuhan yang menentukan. Belajar lebih giat dengan menambah waktu belajar untuk persiapan menghadapi UN. Menghindari masalah karena akan mengganggu konsentrasi untuk menghadapi UN. Menjaga kesehatan itu penting karena dengan kondisi yang sehat dan fit membuat kita lebih nyaman dalam menghadapi UN. Sebaliknya, kondisi tubuh yang buruk / tidak sehat membuat tubuh cepat lelah dan sulit berkonsentrasi dalam belajar. Pandai-pandailah memilih soal. pahami soal dengan teliti dan pilih soal-soal mudah untuk dikerjakan terlebih dahulu. Hati-hati dalam mengisi LJK karena lembar jawab akan di periksa dengan komputer, jadi pastikan identitas benar dan coretan dapat dibaca komputer.


OPINI
Buatlah peta kekuatan karena dengan membuat peta kekuatan, belajar akan lebih mudah. Dahulukan mapel-mapel sulit. Mencari kisi-kisi soal UN karena dengan mengetahui kisi-kisi soal akan mempermudah belajar. Belajar akan semakin baik jika memiliki banyak referensi buku. Jadi cari dan kumpulkan banyak referensi buku dari berbagai sumber di toko buku atau perpustakaan. Memperbanyak latihan soal akan melatih diri untuk mengerjakan soal. Belajar kelompok dan membahas soal bersama - sama juga saling bantu teman yang belum paham.Ciptakan suasana belajar menyenangkan itu penting karena suasana yang nyaman akan menumbuhkan mood belajar. Sedangkan mood yang baik akan memaksimalkan belajar. Janganlah terlalu  banyak menghafal. Cukup dengan membaca akan menimbulkan energi positif. Energi itu akan bereaksi dan mengalir dengan sendirinya saat ujian nasional dan menimbulkan rasa percaya diri juga konsentrasi. Usahakan sarapan sebelum ujian agar energi kuat dan tidak mudah lelah. Kondisi tubuh yang lapar akan mem buat konsentrasi mudah buyar. Juga dikhawatirkan pingsan saat mengerjakan ujian. Manfaatkan waktu sebelum ujian untuk mereview materi. Mengulang materi selagi masih ada waktu penting untuk mengingat materi yang sudah dipelajari. Optimis dan berpikirlah positif. Percaya dengan kemampuan diri dan berpikir positif bahwa tuhan akan membantu. Mengerjakan soal-soal  ujian dengan hati dan pikiran yang tenang juga pasti akan mendapat hasil yang maksimal.

KESIMPULAN
Dalam pembuatan makalah ini maka dapat disimpulkan bahwa untuk menghadapi UJIAN NASIONAL, kita harus mempersiapkan segala sesuatu dengan sebaik – baiknya, salah satunya adalah dengan menjaga kesehatan dan belajar dengan tekun.

0 comments:

Post a Comment